Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Firman Tuhan


Bacaan Hari ini:
Kisah Para Rasul 20:32 “Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya.”

Ketika Anda mengisi pikiran Anda dengan Firman Tuhan, Anda bertumbuh.  Anda tak bisa sehat secara fisik jika Anda makan junk food setiap saat. Demikian pula, Anda tak bisa sehat secara rohani, kecuali Anda mengisi pikiran Anda dengan kebenaran Firman Tuhan.

Apakah Anda ingin memiliki semua berkat yang Tuhan punya untuk Anda? Tentu saja! Saya juga berharap Anda mendapatkannya juga.

Bagaimana caranya mendapatkan berkat itu? Berkat-berkat itu merupakan hasil langsung dari kedewasaan rohani. Alkitab berkata, “Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan  dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya” (Kisah Para Rasul 20:32).

Firman kasih karunia Allah akan membangun Anda. Ketika Anda tumbuh di dalam kedewasaan rohani, Dia dapat menganugerahkan semua berkat yang Dia punya untuk Anda. Ada beberapa hadiah yang tidak dapat Anda berikan kepada bayi atau anak kecil karena mereka belum cukup dewasa untuk menerimanya. Sama halnya dengan Anda. Ada beberapa karunia yang Allah ingin berikan kepada Anda, namun Dia sedang menunggu Anda untuk tumbuh dewasa terlebih dahulu.

Sesungguhnya Anda dapat menggunakan tangan Anda untuk membantu mengingat bagaimana caranya menggunakan Alkitab untuk bertumbuh dalam kedewasaan rohani. Isilah hidup Anda dengan Firman Tuhan dengan melakukan enam hal: Mendengarkan Firman Tuhan—itu adalah jari kelingking Anda. Anda membacanya—itu jari manis Anda. Anda mempelajarinya—itu adalah jari tengah Anda. Anda menghafalnya—itu jari telunjuk Anda. Kemudian, Anda merenungkannya—itu ibu jari Anda. Telapak tangan Anda melambangkan penerapan Firman Tuhan.

Penting bagi Anda untuk melakukan keenam hal tersebut ketika Anda memasukkan Firman Tuhan ke dalam pikiran Anda. Jika satu-satunya masukan rohani yang Anda terima ialah mendengarkan Firman Tuhan di gereja, Anda tidak akan memiliki pegangan yang kuat hanya dengan jari kelingking Anda. Mengapa? Kita lupa 95 persen dari semua yang kita dengar dalam 72 jam! Setan dapat mencuri sukacita Anda dengan sangat mudah.

Jika Anda mendengarkan Firman Tuhan dan kemudian Anda membacanya setiap hari, Anda memiliki pegangan yang lebih baik. Setan tidak dapat menarik pegangan Anda secepat itu. Jika Anda mendengarkan dan membacanya dan mempelajarinya, maka Anda memiliki pegangan yang jauh lebih kuat.

Ketika Anda melakukan keenam hal tersebut, Anda akan memiliki pegangan yang semakin kuat pada Firman Tuhan. Tidak akan ada yang bisa merampasnya dari Anda. Dan di saat itulah, Anda akan menemukan diri Anda tumbuh menuju kedewasaan rohani dan menerima berkat-berkat yang menyertainya.


Renungkan hal ini:

- Untuk bertumbuh, Anda perlu berkomitmen untuk menghabiskan waktu di dalam Firman Tuhan setiap hari. Mulailah dengan hanya lima menit sehari. Buat satu gol untuk mempelajari Alkitab dalam jumlah waktu tertentu, di waktu yang sama setiap hari selama enam minggu ke depan. Tulislah dan beri tahu teman Kristen lainnya yang dapat membantu memantau kemajuan Anda.

- Apa gangguan terbesar yang menahan Anda untuk belajar Alkitab setiap hari? Apakah hal-hal itu lebih penting bagi Anda ketimbang tumbuh secara rohani?

- Apa artinya merenungkan Firman Tuhan?





Alkitab , Firman Tuhan adalah makanan bagi jiwa Anda.


(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
Gambar : google.com

 







Posting Komentar untuk "Pahami Firman Tuhan"