Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PROFIL STT DOULOS JAKARTA


PIMPINAN DAN DOSEN STT DOULOS JAKARTA

Pdt. Mariana, M.Th (Ketua; Dosen Akademik & Vokasional)
dr.DR.Ruyandi Hutasoit, Sp.U.,M.Th.,Ph.D (Ketua Program Vokasional; Dosen Akademik, & Dosen Vokasional).
Roster Simanulang, M.Th (Puket 1 Bidang Akademik; Dosen Akademik & Dosen Vokasioanal).
Pdt. Susiyati Leander, M.Th (Puket 2 Bidang Keuangan; Dosen Akademik; & Dosen Vokasional).
Pdt. Librek Nathanel Wattileo, M.Mis.,D.Min (Puket 3 Bidang Kemahasiswaan; Dosen Akademik; & Dosen Vokasional).
Pdt. W.Hermon B. Siregar, S.Th.,M.Pd.K (Dosen Akademik & Dosen Vokasional)
Pdt. Gotlief Eliaser Modok, M.Th (Dosen Akademik & Dosen Vokasional)
Pdt. DR. Andreas Mugiman, M.Mis (Dosen Akademik & Dosen Vokasional)
Ir. Ferry Regar (Dosen Vokasional)
DR. dr.Andi Hukom, M.A (Dosen Vokasional)
DR. dr. Cleave Sumeisey, MARS (Dosen Vokasional)
Pdt. DR. Marthen Neolaka, MA (Dosen Vokasional)
DR. dr. Sri Maryati (Dosen Vokasional)
dr. Murchuanto, SpKJ (Dosen Vokasional)
Ida Juliana Pandiangan, M.PAK (Dosen Vokasional)
Ritson Manyonyo, M.Th (Dosen Vokasional)
Dra. Magdalena Pohan (Dosen Vokasional)
Dra. Ophelia Hutasoit (Dosen Vokasional)
Pdt. Robert Y. Corneles, S.Th., MA (Dosen Vokasional)
Nokodemus Asbanu, S.Th.,(M.Th) (Dosen Vokasional)
Timotius Sipur, S.Th., MA (Dosen Vokasional) Frist Kaloh, MA (Dosen Vokasional)
Yeremia Wiyadi, S.Th (Dosen Vokasional)
Maringan Hutasoit, S.Th (Dosen Vokasional)
Harris Situmorang, S.Sos (Dosen Vokasional)
Yonatan Herman, S.Th (Dosen Vokasional)
Royke Manitik, S.Th (Dosen Vokasional)
Maksi, S.Th (Dosen Vokasional)

FASILITAS
a. Ruang Perpustakaan
b. Ruang Asrama

KEMAHASISWAAN
A. MENGAPA STT DOULOS JAKARTA
1. STT Doulos Jakarta adalah wadah Pendidikan Tinggi Teologi berbasis Injili yang bersifat interdenominasi. STT Doulos Jakarta diselenggarakan oleh Yayasan Doulos yang salah satunya bertujuan mendidik mahasiswa/i dari berbagai denominasi gereja di Indonesia.

2. STT Doulos Jakarta adalah lembaga Pendidikan Tinggi Teologi yang terakreditasi BAN PT :

PROGRAM S1 PAK Akreditasi BAN PT nomor : 118 / SK / BAN-PT / AKRED / S / III / 2015

PROGRAM S1 TEOLOGI ( Menunggu Hasil Visitasi tgl. 25-26 Juni 2015 3. STT Doulos Jakarta adalah lembaga Pendidikan Tinggi Teologi yang terakreditasi pada Ditjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI:
Prodi S-1 Teologi/Kependetaan: DJ.III/Kep/HK.00.5/913/2011
Prodi S-1 Pendidikan Agama Kristen: DJ.III/Kep/HK.00.5/914/2011. 4. PROGRAM VOKASIONAL (Izin Kementrian Agama RI):
a. Doktor Of Ministri Nomor DJ.III/Kep/HK.005/505/2014
b. Magister of Artrium Nomor DJ.III/Kep/HK.005/506/2014
c. Diploma III Nomor DJ.III/Kep/HK.005/551/2014
d. Diploma II Nomor DJ.III/Kep/HK.005/550/2014
e. Diploma I Nomor DJ.III/Kep/HK.005/507/2014





5. Sekolah Tinggi Teologi Doulos Jakarta (STTDJ) memiliki tujuan untuk mempersiapkan peserta didik yang menjadi anggota masyarakat, memiliki kemampuan akademik dan profesionalisme yang dapat menerapkan, memelihara, mengembangkan kebenaran Firman Tuhan serta diterangi cinta kasih terhadap sesama manusia.

6. Mengajar, mendidik, dan mempersiapkan calon-calon Hamba Tuhan yang terpanggil dan yang memiliki kemampuan akademik untuk menjadi utusan Injil, Pendeta, Jemaat, Guru, pekerja di lembaga-lembaga pelayanan dan rumah-rumah sakit.

7. Melengkapi mahasiswa supaya memiliki kepribadian, loyalitas yang tertinggi terhadap panggilannya kepada Tuhan, bangsa dan Negara serta sesama.

B. POLA PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN
Pembinaan dan pengembangan mahasiswa STT Doulos Jakarta dilakukan melalui sebuah Skenario Pola Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa (SPPM). Profil lulusan STT Doulos Jakarta adalah creative minority yang mempunyai dua kompetensi dasar, yaitu humanistik (pembentukan karakter dan kepribadian) dan profesional (pengembangan profesionalisme sesuai disiplin ilmunya). Oleh karenanya, pola pembinaan dan pengembangan mahasiswa UKSW memumpun pada tiga program yaitu kurikuler, co-kurikuler dan ekstrakurikuler. Program kurikuler dilakukan melalui implementasi tridarma perguruan tinggi, program co dan ekstra kurikuler dilakukan melalui beberapa sub program berikut, yaitu :

Pelatihan Kepemimpinan
Pelatihan kepemimpinan dilakukan berdasarkan kurikulum pelatihan kepemimpinan mahasiswa, yang meliputi 4 tahap pelatihan yaitu: Pra Dasar, Dasar, Menengah dan Lanjut.

Pengembangan Penalaran
Pengembangan Penalaran dimaksudkan untuk memberikan kompetensi keilmuan pada mahasiswa, baik disipliner dan interdisipliner, yang dilakukan melalui kegiatan diskusi/seminar/lokakarya, penelitian individual dan kelompok, pengabdian masyarakat, dll.

Pengembangan Minat dan Bakat
Pengembangan minat dan bakat dilakukan melalui pembentukan Kelompok Bakat Minat (KBM) di bidang olahraga dan seni, pelatihan rutin dan pembinaan prestasi dan kebersamaan melalui keikutsertaan dalam event-event yang diselenggarakan di kampus dan luar kampus. Beberapa KBM yang ada dikampus mencakup KBM Olahraga dan Seni. KBM seni terdiri dari Paduan Suara Mahasiswa, Vokal Group, bermain alat musik. Sedangkan KBM olahraga terdiri dari Volly, Sepak Bola, teni meja.

Pembinaan Kerohanian
Dalam pembinaan kerohanian bagi warga kampus, terutama para mahasiswa. Pembinaan
kerohanian dilakukan melalui kebaktian mingguan, perayaan hari besar keagamaan, Pemahaman Alkitab, Retreat, konseling dan pastoral, serta diskusi/seminar membahas masalah-masalah kerohanian dan pembinaan spiritual civitas akademika. Untuk mendukung program ini, secara khusus dibentuk satu lembaga/unit yaitu pusat pelayanan kerohanian kampus (campus ministry) yang dikoordinir oleh seorang Pendeta dan beberapa dosen, serta dibantu oleh para mahasiswa.

Bimbingan dan Konseling
STT Doulos Jakarta juga membentuk Pusat Bimbingan yang bertugas memberikan layanan
bimbingan konseling bagi mahasiswa. Persoalan yang kerap dialami mahasiswa mencakup
persoalan akademik dan non akademik. Misalnya, ketidakharmonisan hubungan dalam keluarga, ketakutan menghadapi tes, tidak percaya diri, tidak bisa konsentrasi, tidak bisa mengatur waktu, IPK rendah, kesehatan reproduksi, narkoba,dll.

Bagian ini juga memberikan pelatihan tentang kepemimpinan dan softskill, terutama kompetensi yang berkenaan dengan strategi memasuki dunia kerja

C. PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU
a. Persyaratan Pendaftaran
photo copy ijazah terakhir (min SLTA sederajat) yang sudah dilegalisir.
photo copy surat baptis atau sidi.
photo copy akte kelahiran
photo copy KTP
Surat rekomendasi dari gereja.
Pasphoto 2x3 (5 lembar)
Pasphoto 4x6 (5 lembar)
Mengisi formulis pendaftaran
Lahir Baru
Membuat kesaksian pertobatan dan panggilan.
Surat keterangan berbadan sehat dari dokter.
Mengikuti test tertulis dan wawancara.
b. Formulir Pendaftaran (terlampir)

AKADEMIK
A. Program Pendidikan S1 Teolog

Mahasiswa yang mengikuti program ini diwajibkan menyelesaikan 160 SKS, termasuk praktek pelayanan (1 tahun = 6 SKS) dan skripsi 6 SKS. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terakhir minimal 2.5.

Kurikulum yang berlaku di Sekolah Tinggi Teologi Doulos Jakarta (STTDJ) berdasarkan kurikulum standart Kementerian Agama 80 SKS dan 80 SKS muatan lokal. Matakuliah yang diberikan menekankan pendidikan bidang penginjilan dan pemuridan serta pengetahuan holistic.

B. Program Pendidikan S1 Pendidikan Agama Kristen (S.Pd.K)

Mahasiswa yang mengikuti program ini diwajibkan menyelesaikan 160 SKS, termasuk praktek pelayanan (1 tahun = 6 SKS). Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terakhir minimal 2.50. Kurikulum yang berlaku di Sekolah Tinggi Teologi Doulos Jakarta (STTDJ) berdasarkan kurikulum standart Kementerian Agama, 80 SKS muatan keguruan dan 80 SKS muatan teologi. Program ini dirancang sedemikian rupa untuk mempersiapkan dan memperlengkapi mahasiswa agar mampu menjadi guru agama Kristen yang mengajar Firman Tuhan dengan benar.

C.Vokasional

Program Vokasional adalah program terapan dari program akademik. Program ni dirancang secara praktis untuk mempermudah para calon-calon Hamba Tuhan untuk dapat fokus pada bidang pelayanan.
Program ini meliputi gelar Diploma (Ahli Pratama dan Ahli Madya), Magister Artium (MA), dan Doktor Ministri (D.Min) dalam bidang Pastoral In Healing Ministry.

Program ini difokuskan pada pelayanan penggembalaan; kesembuhan secara kedokteran dan ilahi, kepemimpinan Kristen; dan Konseling Pastoral.

Pendidikan Vokasional adalah pendidikan yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan sikap dan kompetensi berkarya dan diselenggarakan oleh sekolah tinggi.

Program Vokasional Teologi Kristen adalah pendidikan yang diarahkan kepada pembentukan dan pengembangan sikap/profesionalitas serta kompetensi praktis dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di dalam gereja dan masyarakat.

Program Vokasional ini merupakan pendidikan dan dasar lanjutan bidang pelayanan terapan Kristiani di dalam gereja dan masyarakat, setelah peserta menyelesaikan studi tingkat Diploma (Ahli Pratama & Ahli Madya); M.A untuk Stratum dua dan D.Min untuk Stratum tiga.